5 pemimpin revolusioner paling terkenal di dunia

Revolusioner adalah kelompok yang menetang pemerintahan. mereka mengganggap bahwa pemerintahan yang sedang dijalankan itu tidak sesuai dengan hak rakyat. banyak para revolusioner yang lahir untuk merubah sistem pemerintahan, diantaranya 5 revolusioner yang rizki rangkum dibawah ini guys. yuk langsung saja kita baca.

1. Karl Heinrich Marx ( 1818 - 1883 )


Karl Marx berasal dari keluarga Yahudi kelas menengah, Marx kuliah ilmu hukum di universitas Bonn.


Marx sering dijuluki sebagai bapak dari komunisme yang berasal dari kaum terpelajar dan politikus. Ia memperdebatkan bahwa analisis tentang kapitalisme miliknya membuktikan bahwa kontradiksi dari kapitalisme akan berakhir dan memberikan jalan untuk komunisme.


Marx merupakan tokoh pengkritik system kapitalis paling awal dan paling sengit. Sosiologi humanis dan sosiologi kritis banyak mengambil teori alienasi Karl Marx. Dia menolak kapitalisme karena menyebabkan pengangguran, kosentrasi modal satu golongan, dan bertambahnya kesengsaraan kaum proletar.


2. Friedrich Engels ( 1820 - 1895 )



Friedrich Engels adalah anak sulung dari industrialis tekstil yang berhasil.Sewaktu ia dikirim ke Inggris untuk memimpin pabrik tekstil milik keluarganya yang berada di Manchester, ia melihat kemiskinan yang terjadi kemudian menulis dan dipublikasikan dengan judul Kondisi dari kelas pekerja di Inggris (1844).


Engels jelas melihat agama berfungsi sebagai ideologi kelas. Agama adalah patokan kebenaran moral atas kepentingan kelas.


Bersama Karl Marx ia menulis Manifesto Partai Komunis (1848). Setelah Karl Marx meninggal, ialah yang menerbitkan jilid-jilid lanjutan bukunya yang terpenting Das Kapital.

3. Fidel Alejandro Castro Ruz ( 1926 - 2008 )


Fidel Castro adalah Presiden Kuba sejak 1976 hingga 2008. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Perdana Menteri atas penunjukannya pada Februari 1959 setelah tampil sebagai komandan revolusi yang gagal Presiden Dewan Negara merangkap jabatan sebagai Dewan Menteri Fulgencio Batista pada tahun 1976.


Di luar Kuba, Castro mulai menggalang kekuatan untuk melawan dominasi Amerika Serikat dan bekas negara Uni Soviet. Setelah runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991, cita-cita dan impiannya mulai diwujudkan dengan bertemu Hugo Chávez di Venezuela danEvo Morales dari Bolivia.

Pada 19 Februari 2008, lima hari sebelum mandatnya berakhir, Castro menyatakan tidak akan mencalonkan diri maupun menerima masa bakti baru sebagai presiden atau komandan angkatan bersenjata Kuba. Jabatannya digantikan oleh adiknya, Raul Castro.

4. Kim Il-sung ( 1912 - 1994 )


Kim Il-sung  adalah seorang politikus berhaluan komunis dariKorea yang memimpin Korea Utara sejak 1948 hingga hari kematiannya.

Kim secara resmi disebut sebagai Pemimpin Besar dan menurut Konstitusi Korea Utara, ia adalah Presiden Abadi negara tersebut. Hari ulang tahunnya merupakan salah satu hari libur di Korea Utara.

5. Vladimir Ilyich Lenin ( 1870 –  1924 )



Vladimir Ilyich lahir di Lenin Ulyanov, Rusia, lenin adalah revolusioner komunispolitikus, dan penggagas teori politik berkebangsaanRusia

Pada tahun 1903, Lenin bertengkar dengan para pengurus Partai Buruh Sosial Demokrat Rusia mengenai struktur kepartaian. Julius Martov, salah satu pengurus partai itu, menginginkan suatu struktur yang agak bebas dan otonom, sedangkan Lenin menginginkan struktur yang terpusat. Hal itu mengakibatkan partai ini pecah menjadi dua faksi. Para pengikut Lenin disebut Bolshevik yang berarti mayoritas dan para pengikut Martov disebut Menshevik yang berarti minoritas.

Pada tanggal 30 Agustus 1918, Lenin ditembak sebanyak tiga kali oleh Fanya Kaplan yang juga seorang revolusioner. Kaplan menganggap Lenin telah mengkhianati Revolusi Rusia. Lenin selamat, tetapi kesehatannya mulai menurun akibat itu dan tak pernah pulih kembali. Akhirnya, ia meninggal dunia pada tanggal 21 Januari 1924 setelah terserangstroke sebanyak empat kali.

nah jadi itulah para pemimpin revolusioner yang paling terkenal di dunia, ambil sisi positif dari setiap pembahasan ya guys. semoga bermanfaat

Share:

0 komentar