fakta dibalik indahnya 17 agustus

17 agustus adalah tanggal bersejarah sekaligus momen penting bagi rakyat indonesia. taukah kalian bahwa indahnya kemerdekaan yang selama ini kita rayakan berbeda sekali dengan kemerdekaan pada tahun 1945 yang di pimpin oleh Bung karno dan ada beberapa fakta menarik tentang kemerdekaan 1945 yang sebagian orang tidak tau. penasaran okee langsung saja kita baca guys

1. Soekarno sakit saat membacakan Proklamasi


Pada saat menjelang Proklamasi Soekarno sedang menderita malaria yang menyebabkan dia demam. sebelum hari Hari kemerdekaan malamnya Bung Karno harus begadang bersama sahabatnya untuk menyusun naskah Proklamasi di rumah Laksamana Maeda. Setelah selesai, Bung Karno dialiri chinineurethan intramusculair dan meminum obat pil brom chinine serta kemudian tidur.

Besoknya Bung Karno bangun pada pukul 09:00 dan tepat pada pukul 10:00 membacakan teks Proklamasi dengan keadaan tidak sehat. oleh karena itu Setelah selesai mengumandangkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan dilakukan upacara bendera, Bung Karno kembali ke kamar tidur dan beristirahat namun disisi lain revolusi telah dimulai.

2. Upacara Kemerdekaan dilakukan sederhana dengan menggunakan bendera pusaka dari sprei

Upacara yang dilakukan, berlangsung tanpa protokol, korps musik, konduktor dan pancagram. Tiang bendera pun terbuat dari bambu yang di pasang sekitar beberapa menit sebelum upacara dilaksanakan. bendera pusaka terbuat dari kain sprei dan warna merahnya didapatkan dari milik penjual soto. yang akhirnya dijahit oleh istri Bung Karno, Fatmawati. Namun pada saat itu rakyat Indonesia yang telah berada di halaman rumah Soekarno serentak untuk menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan berbaris rapi tanpa ada yang memandu.

3. Naskah Proklamasi hilang

pada saat acara selesai teks proklamasi yang ditulis oleh Bung Karno dengan didikte oleh Bung Hatta secara tidak langsung hilang. tak lama kemudian kertas tersebut ditemukan oleh wartawan BM Diah di tempat sampah di rumah Laksamana Maeda. Setelah menyimpannya selama 46 tahun 9 bulan 19 hari, akhirnya dia menyerahkannya kepada presiden Soerharto pada tanggal 29 Mei 1992.

4. Dokumentasi Kemerdekaan disimpan di bawah Pohon
source tstatic.net

Frans Mendoer adalah seorang fotografer yang pada saat itu mengabadikan upacara kemerdekaan. Begitu upacara selesai, Frans didatangi tentara Jepang yang ingin merampas negatif film gambar tersebut. Frans berbohong dengan mengatakan negatifnya sudah diserahkan ke Barisan Polopor. Padahal, negatif film momen penting tersebut ditanamnya di bawah pohon di halaman kantor Harian Asia Raja. kalau saja negatif film itu dirampas oleh tentara jepang mungkin sampai saat ini kita sebagai generasi mudah tidak akan pernah melihat upacara kemerdekaan yang disampaikan oleh Bung karno guys.

5. Perintah Soekarno saat pertama menjadi Presiden RI
source blogspot.com

Memanggil tukang sate Itulah yang dilakukan oleh Bung Karno saat Pertama kali menjadi presiden Republik Indonesia.ah terpilih secara aklamasi sebagai presiden dan itu ia lakukan di jalan bertelanjang dada dan nyeker. 

ini dia kutipan dari Bung Karno saat berjumpa dengan tukang sate
“Sate ayam lima puluh tusuk!” perintah Presiden Soekarno. Dan itulah, perintah pertama Bung Karno pada rakyatnya, sekaligus pesta pertama atas pengangkatannya sebagai pemimpin dari 70 juta jiwa lebih rakyat dari sebuah negara besar yang baru berusia satu hari.

gimana guys sudah tau kan sekarang bagaimana fakta dibalik indahnya 17 agustus pada tahun 1945. sekarang kita sebagai generasi muda harus bisa menjadi penerus bagi bangsa kita guys. kita harus terus menjaga keutuhan NKRI agar tidak dijajah oleh bangsa asing lagi guys. semangaatt. merdeka! merdeka! merdekaa!!!



Share:

0 komentar